sains.aktuaria@itera.ac.id

Seminar Online Sains Aktuaria ITERA Bahas Tuntas Sistem Rujukan Kesehatan Teintegrasi Saat Pandemi

Published by aktuaria on

Program Studi Sains Aktuaria menyelenggarakan Seminar Online, Rabu (07/10/20)  dengan tema “Sistem Rujukan Kesehatan Terintegrasi saat Pandemi”. Narasumber Seminar Online ini adalah Unting Patri Wicaksono P., MM., AAAK sebagai asisten Deputi Direksi Bidang Pengelolaan Fasilitas Kesehatan Rujukan, yang kemudian diwakilkan oleh Bapak drg. Hasbiyas Siddik Alhudawi dari BPJS Kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan melalui Zoom tersebut dibuka oleh Sekretaris Jurusan Sains Ibu Dr. Ikah N.P Permanasari, S.Si., M.Si dan dimoderatori oleh Ibu Di Mahrani, S.Si., M.Si. selaku dosen Sains Aktuaria ITERA. Selain Zoom acara yang dihadiri kurang lebih 350 peserta tersebut juga disiarkan langsung pada Kanal Youtube Sains Aktuaria ITERA. Kanal Youtube Sains Aktuaria ITERA dapat dilihat disini.

Dalam kesempatan tersebut, drg. Hasbiyas Siddik Alhudawi memaparkan bahwa Jaminan Kesehatan Nasionak (JKN) merupakan program pemerintah yang bersifat asuransi sosial yang pesertanya merupakan masyarakat Indonesia. Pertumbuhan peserta pada tahun 2018 sudah mencapai 78,8% peserta, terus bertambah hingga pada tahun 2020 jumlah peserta JKN mencapai 84%. Fasilitas Kesehatan terdiri dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yaitu puskesmas, dokter pribadi dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut atau disingkat FKRTL yaitu rumah sakit dan klinik utama. Program JKN memiliki dampak bagi masyarakat salah satunya adalah meningkatnya usia harapan hidup sebesar 1%.

BPJS Kesehatan sudah menggunakan sistem antrian elektronik online yaitu sistem antrian yang mampu memberi kepastian waktu tunggu dan waktu layanan, berbasis aplikasi, network dan internet yang memungkinkan pasien mempeoleh nomor antrean tanpa harus datang ke Rumah Sakit. Pada masa pandemi, JKN memberikan solusi untuk meminimalisir berkumpul atau adanya antrean di rumah sakit dan sistem chat dengan dokter via aplikasi mobile JKN. Aplikasi ini akan memudahkan pasien maupun peserta BPJS Kesehatan dalam melakukan rujukan yang terintegrasi, Selain itu, display tempat tidur rumah sakit juga sudah terintegrasi di suatu aplikasi yang disebut mobile JKN. Fitur-fitur yang ada di aplikasi mobile JKN adalah Kepesertaan, Layanan Kesehatan, Pelayanan Peserta, dan Layanan Informasi.  Selain Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga menyediakan KIS digital yang dapat digunakan sebagai pengganti kartu BPJS Kesehatan fisik.

Diharapkan acara seminar online tersebut dapat memberikan wawasan maupun pengetahuan pasien maupun peserta BPJS Kesehatan dalam menghadapi masa pandemi. [Sains Aktuaria ITERA]

Categories: ProdiUncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *