sains.aktuaria@itera.ac.id

Jurusan Sains ITERA Kupas Tuntas Topik “Data-Driven Decision Making in Insurance” dalam Kegiatan Studium Generale

Published by aktuaria on

Senin, 26 Juli 2021 telah terselenggara kegiatan Studium Generale dengan Topik Data-Driven Decision Making in Insurance for a Better Life. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Jurusan Sains ITERA bersama Prodi Sains Aktuaria, Matematika dan Sains Data. Pada kesempatan tersebut, penyelenggara menghadirkan pemateri yang sangat sesuai di bidangnya yaitu Dwi Widianto selaku Data Science and Performance Management Head, pada Generali Life Insurance Indonesia.

Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 250 peserta yang berasal dari kalangan Mahasiswa, Akademisi, maupun Praktisi tersebut di buka oleh Prof. Dr. L. Hari Wiryanto, M.S. selaku Ketua Jurusan Sains ITERA, serta dipandu oleh moderator Kinanti Hanugera Gusti, M.Stat. dari Program Studi Sains Data ITERA. Dalam sambutannya, Prof. Dr. L. Hari Wiryanto, M.S.  menyebutkan bahwa di era pandemi, Life Insurance merupakan salah satu aspek yang akan terdampak. Dampak dari sisi nilai klaim maupun besar klaim. Fenomena seperti contoh tersebut dapat diamati berdasarkan data-data yang terus berkembang.

Harapannya dari kegiaan tersebut adalah terdapat sinergi yang baik antara pihak akademisi dengan pihak praktisi, ujar Prof. Dr. L. Hari Wiryanto, M.S.

Pada kesempatan tersebut, Dwi Widianto menjelaskan bahwa Data yang diperoleh dari lapangan akan lebih bermakna jika dapat diekstrak informasinya melalui Analisis Data maupun pengolahan lainnya. Selain itu, Stakeholder terkait juga membutuhkan informasi  yang telah diolah maupun dianalisis dari data guna saran maupun masukan dalam pengambilan keputusan.

Terkait dengan data, bagi mahasiswa di rumpun ilmu Matematika, beberapa ilmu yang telah diperoleh di lingkungan kampus akan sangat bermanfaat sebagai salah satu modal menjadi seorang Data Scientist. Beberapa modal yang dibutuhkan antara lain Mathematics & Statistics, Programming & Database, Communication, dan Business Knowledge.

Kegiatan yang diakhiri oleh diskusi tanya jawab tersebut berlangsung cukup interaktif. Dimana banyak sekali peserta yang bertanya mengenai fenomena terkait manajemen data di Indonesia, bidang asuransi di Indonesia sampai dengan beberapa pertanyaan terkait kegiatan magang di Generali Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara aspek akademisi degan aspek praktisi. Jembatan tersebut mencakup sinergi yang baik dalam hal program magang mahasiswa, kolaborasi riset maupun kemitraan lainnya.

Categories: ProdiUncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *