Program Studi Sains Aktuaria ITERA telah melaksanakan kegiatan Workshop dengan tema Visualisasi Data dengan Tableau. Kegiatan ini merupakan salah kegiatan Program Studi Sains Aktuaria ITERA dalam memperkenalkan Software Tableau kepada mahasiswa dan akademisi di lingkungan ITERA khususnya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Prodi Sains Aktuaria ITERA ini dihadiri oleh lebih kurang 70 orang yang didominasi oleh mahasiswa dan sisanya merupakan akademisi. Kegiatan ini menghadirkan narasumber terkemuka dibidangnya yaitu Ibu Kurnia Sari Aisyah selaku Manager Data Analis Sekolah.mu.

Kegiatan yang dimulai pada tanggal 19 Maret 2022 pukul 10.00 tersebut dibuka langsung oleh Bapak Prof. Dr. Leo Hari Wiryanto selaku Ketua Jurusan Sains ITERA. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Leo Hari Wiryanto menyambut baik acara tersebut serta berharap Workshop ini akan bermanfaat bagi peserta.

“ Semoga dalam dua hari pelaksanaan Workshop ini ada yang bisa digali dari narasumber terkait visualisasi data. Dan semoga tidak hanya sekedar Workshop dan selesai begitu saja. Saya berharap ada kelanjutannya . Jika perlu bisa diterapkan di satu masalah, sehingga masalah-masalah yang lain dapat diterapkan juga visualisasi data nya dengan menggunakan Tableau ini. “ – Prof.Dr.Leo Hari Wiryanto

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ibu Kurnia Sari Aisyah dengan dipandu dengan sangat baik oleh Ibu Ayu Sofia, S.Si, M.Si. Pada kegiatan ini, peserta yang hadir pada zoom meeting dapat langsung melihat tutorial dan mencoba Software Tableu yang dipandu oleh pemateri. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yang terdiri dari tiga sesi. Setiap sesinya berlangsung selama kurang lebih 100 menit dengan sesi diskusi di akhir waktu. Pada sesi pertama diisi dengan perkenalan dan penyampaian materi terkait tentang instalasi dan pengenalan Tableau oleh Ibu Kurnia Sari Aisyah. Pada sesi pertama ini, peserta dipandu untuk menginstal dan memakai Tableau public dengan memvisualisasi data yang ada serta mengenalkan bagian-bagian yang ada dalam Tableau seperti data sources, worksheet, dashbord dan lain sebagainya. Pada sesi kedua acara dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait membuat dan memodifikasi dashboard oleh Ibu Kurnia Sari Aisyah dengan dipandu oleh Ibu Tiara Yulita, S.Pd.,M.Sc. Pada sesi ini peserta dipandu untuk menggabungkan hasil visualisasi yang dibuat dalam sesi pertama untuk dijadikan dashboard yang kemudian akan dipublish ke akun Tableau Public.

Sesi ketiga diadakan keesokan harinya pada tanggal 20 Maret 2022, pukul 10.00 WIB. Pada sesi ketiga ini Ibu Kurnia Sari Aisyah langsung memaparkan materi terkait visualisasi dengan menggunakan tipe data spasial dan memodifikasi agar terlihat lebih menarik dan dapat mudah dimengerti dengan dipandu oleh Ibu Indah Gumala Andirasdini, M.Si. Antusias peserta sangatlah tinggi, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari peserta terkait penggunaan Software Tableau terhadap masalah-masalah yang ada. Kegiatan ini diakhiri dengan kata penutup dari Ibu Dr. Utriweni Mukhaiyar, S.Si., M.Si. “Kegiatan ini diharapkan dapat memberi salah satu kemampuan baru dalam memvisualisasi data bagi para peserta Workshop. Sehingga dari kemampuan ini peserta dapat membangun portfolio nya sendiri yang akan dipakai sesuai kebutuhan masing-masing”.

Categories: ProdiWorkshop

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.