Program Studi Sains Aktuaria ITERA menyelenggarakan kegiatan Studium Generale dengan topik Pentingnya Literasi Keuangan dalam Transaksi Ekonomi Digital. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Bapak Yulianta selaku Deputi Direktur Literasi dan Informasi OJK Direktorat Literasi dan Edukasi Keuangan dan Bapak Agung A. Wijaya selaku HRGA Manager Lahan Sikam. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 12 November 2021 tersebut dibuka langsung oleh Ibu Dr. Ikah Ning P. Permanasari, M.Si. selaku Sekretaris Jurusan Sains ITERA serta dihadiri oleh kurang lebih 250 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa maupun sivitas akademika ITERA lainnya.

Pada sambutannya, Ibu Dr. Ikah Ning P. Permanasari, M.Si. menyampaikan bagaimana pentingnya aspek literasi keungan di era digital seperti sekarang. Hal tersebut harus diantisipasi oleh seluruh pihak terkait.

“Harapannya setelah kegiatan ini, literasi keuangan dikalangan mahasiswa maupun dosen di ITERA dapat meningkat serta dapat terjalin kerjasama lebih lanjut antara Program Studi Sains Aktuaria dengan OJK maupun Lahan Sikam”, ujar beliau.

Pada kesempatan tersebut, Yulianta selaku Deputi Direktur Literasi dan Informasi OJK Direktorat Literasi dan Edukasi Keuangan menyampaikan peran OJK dalam melindungi konsumen dan masyarakat secara preventif melalui edukasi keuangan dan kuratif melalui penanganan pengaduan. Seperti yang diketahui pada UU Nomor 21 Tahun 2011 OJK sebagai regulator dan pengawas lembaga jasa keuangan yang terintegrasi dengan tugas untuk mengatur, mengawas, dan melindungi. Berbicara terkait dengan investasi bodong, kerugian akibat investasi bodong dalam rentang 2011-2021 sebesar kurang lebih Rp 117,4 T. Hal ini sangat disayangkan karena jumlah sebesar itu teralokasi ke investasi yang tidak sesuai ketentuan dan kemungkinan investasi bodong. Hal tersebut mendorong pentingnya literasi keuangan di era digital seperi sekarang. Pada sesi lainnya, Bapak Agung A. Wijaya selaku HRGA Manager Startup Fintech Lahan Sikam penjelaskan tentang peranan  Fintech dalam berbagai sektor. Fintech memberikan solusi bagi masyarakat yang tidak memiliki akun di bank dalam melakukan pemodalan. Selain itu dapat memberikan solusi bagi masyarakat yang tidak mampunyai agunan dalam hal pinjam meminjam, khususnya apabila masyarakat ingin merintis usaha. Persyaratan dan dokumen yang diminta minim dan mudah dipenuhi. Salah satu upaya dalam memastikan sebuah layanan keuangan resmi adalah dengan mengecek legalitasnya pada OJK. Hal ini akan memastikan keamanan dari produk yang ditawarkan.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.