Program Studi Sains Aktuaria ITERA melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan Visi, Misi, Tujuan, Strategis serta Kurikulum Program Studi bersama dengan Perwakilan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 21 Oktober 2021 tersebut merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Jurusan Sains ITERA berkoordinasi dengan Gugus Kendali Mutu Jurusan (GKMJ) dan Gugus Kendali Mutu Prodi (GKMP).

Kegiatan tersebut terbagi dari 2 sesi, yaitu sesi pagi dan siang. Sesi pagi merupakan diskusi keseluruhan Program Studi di bawah naungan Jurusan Sains dan sesi siang merupakan diskusi terstruktur dengan Program Studi terkait. Prof. L. Hari Wiryanto, M.S, Ph.D. selaku Ketua Jurusan Sains membuka serta memberikan sambutan pada kegiatan tersebut. Sesi kedua dilanjutkan dengan diskusi terstruktur untuk masing-masing Program Studi.

Pada sesi siang, Program Studi Sains Aktuaria melakukan diskusi terstruktur dengan salah satau perwakilan PAI yaitu Bapak Danang Teguh Qoyyimi, M.Sc., Ph.D. Kegiatan diawali oleh pemaparan profil Program Studi oleh Ibu Dwi Mahrani, S.Si., M.Si. selaku Sekretaris Program Studi Sains Aktuaria. Pada kesempatan tersebut, Ibu Dwi Mahrani, S.Si., M.Si. memaparkan tentang sejarah terbentuknya Program Studi berdasarkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Pulau Sumatera pada khususnya. Pembahasan dilanjutnya mengenai penyusunan dan pengembangan kurikulum serta Visi, Misi, Tujuan dan Strategis Program Studi. Pada kesempatan tersebut, Bapak Danang Teguh Qoyyimi, M.Sc., Ph.D. menyoroti terkait dengan potensi lokal, hal ini dikarenakan bidang ilmu matematika dan terapannya kemungkinan akan menemui tantangan dalam pembahasan mengenai novelty. Apakah potensi local tersbeut dapat menjadi tujuan atau pijakan dalam hal novelty. Potensi local yang diangkat oleh Program Studi Sains Aktuaria ITERA merupakan salah satu modal besar dalam pengembangan Program Studi. Selain pembahasan Visi, Misi, Tujuan, Strategis serta Kurikulum Program Studi, diskusi dilanjutkan dengan pembahasan peluang kerjasama Program Studi dengan PAI mencakup program penyetaraan maupun penyelenggaraan ujian profesi aktuaris.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi awal yang baik dalam penjajakan kerjasama antara Program Studi Sains Aktuaria dengan Persatuan Aktuaria Indonesia (PAI). Kerjasama yang diharapkan mencakup beberapa hal terkait dengan kemahasiswaan maupun Tri Dharma Perguruan Tinggi.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.