Program Studi Sains Aktuaria ITERA melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) guna membahas program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan ditempuh mahasiswa Sains Aktuaria ITERA angkatan 2019 pada semester genap 2021/2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 3 Desember 2021 secara daring melalui Zoom Meeting.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh perwakilan Jurusan Sains yang dalam hal ini diwakilkan oleh Koordinator Program Studi Sains Aktuaria ITERA, Dr. Utriweni Mukhaiyar, M.Si. Pada sambutan tersebut, Ibu Dr. Utriweni Mukhaiyar, M.Si. menyampaikan pentingnya sinergi dan kolaborasi antar berbagai pihak dalam mensukseskan kegiatan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Kami mendesain beberapa hal yang sudah menajdi himbauan dari kemendikbudristek, yaitu adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Oleh karena itu, dalam perjalanan untuk MBKM ini kami membutuhkan para mitra untuk bersinergi saling berkontribusi terhadap kemajuan baik itu dalam bidang penelitian, Pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat” ujar Dr. Utriweni Mukhaiyar, M.Si.

Pada kegiatan tersebut, Sains Aktuaria ITERA mengundang perwakilan dari BPS Provinsi Lampung dalam hal ini adalah Bapak Sudiyanto, S.Si, M.M., BPJS Kesehatan oleh Ibu Ratu Syarifah, S.KM serta Startup Financial Teknologi Lahan Sikam oleh Bapak Agung Ade Wijaya. Selain beberapa undangan, seluruh Dosen Pengajar Sains Aktuaria ITERA juga turut hadir pada kegiatan tersebut.

Diskusi yang dipandu oleh Bapak Radot M.H. Siahaan, S.Si., M.Si. tersebut dimulai tepat pukul 13.30 serta selasai pada pukul 16.15. Kegiatan tersebut diawali oleh pemaparan maupun perkenalan profil Program Studi oleh Ibu Dwi Mahrani, S.Si., M.Si. selau Sekretaris Program Studi serta arah riset Program Studi oleh Ibu Dr. Utriweni Mukhaiyar, M.Si. dan dilanjutkan oleh pemaparan beberapa materi oleh ketiga perwakilan undangan. Setelah beberapa undangan menyampaikan beberapa materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang sangat menarik. Secara umum, ketiga undangan mancakup BPS Provinsi Lampung, BPJS Kesehatan serta Startup Financial Teknologi Lahan Sikam sangat menyambut baik kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut akan menjadi awalan yang bagus dalam hal kerjasama terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terlebih lagi dalam program MBKM, koordinasi antara perguruan tinggi maupun lembaga yang menyediakan kegiatan magang haruslah maksimal.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi diskusi pendahuluan maupaun penjajakan kerjasama kerjasama terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya program MBKM. Hal ini merupakan salah satu usaha program studi dalam memfasilitasi mahasiswa Sains Aktuaria ITERA dalam melaksanakan program MBKM yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.