sains.aktuaria@itera.ac.id

Profil Lulusan

Profil Lulusan

Setelah menempuh perkuliahan, para lulusan diharapkan setidaknya memiliki:

1. Memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang ilmu aktuaria, pengelolaan risiko, matematika, teori peluang, statistika, analitika data, keuangan dan bidang ilmu lainnya yang relevan dengan pemahaman yang relative mendalam dalam sub-bidang matematika, teori peluang dan statistika tertentu
2. Memiliki keterampilan dasar ilmu aktuaria, matematika, teori peluang, statistika dan keuangan sehingga mampu berfikir secara terstruktur, merekonstruksi, memodifikasi dan menganalisis untuk memecahkan masalah di bidang aktuaria dan pengelolaan risiko.
3. Memiliki kemampuan menerapkan konsep algoritma dan pemrograman serta ilmu data untuk memecahkan masalah di bidang aktuaria dan pengelolaan risiko.
4. Memiliki pemahaman yang komprehensif atas ilmu aktuaria sehingga siap mengikuti ujian sertifikasi ajun aktuaris.
5. Memiliki kemampuan bernalar, pemecahan masalah, membuat kaitan dan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan dan beretika, serta berperilaku professional.
6. Memiliki pengalaman dalam melaksanakan suatu tugas atau proyek, termasuk mempelajari atau mengembangkan sesuatu yang relative baru, baik secara mandiri maupun berkelompok, serta membuat laporan dan mempresentaikannya dengan menarik.
7. Memiliki perilaku belajar, etos kerja, sikap dan kepribadian yang baik, yang mencakup keingintahuan, keuletan, kecermatan, kreativitas, kejujuran dan kepercayaan diri.
8. Memiliki kesiapan untuk mengembangkan diri lebih lanjut dan atau kemampuan beradaptasi baik dalam bidang ilmu aktuaria, matematika, teori peluang, statistika maupun bidang lainnya yang relevan, termasuk bidang yang digeluti dalam dunia kerjanya kelak.
9. Mampu melakukan penyelesaian permasalahan dalam bidang ilmu aktuaria pada ruang lingkup Sumatera pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

 

Kemampuan-kemampuan tersebut telah dirumuskan dalam Capaian Minimum Lulusan Aktuaria yang dirumuskan oleh The Indonesian Mathematical Society (IndoMS).